Warga Saling Dorong Hingga Rusak Pagar Poltekkes Demi Vaksin

Putra Bali Mula

Kerumunan warga membludak di Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang untuk mendapatkan vaksinasi yang digelar instansi itu. Ratusan warga sampai melompati pagar, berdesakan, saling dorong hingga pagar kampus itu rusak.

Gerombolan warga ini mendatangi Poltekkes Kemenkes Kupang sejak Rabu (14/7) pagi . Sesuai pemberitahuan di berbagai media sosial Poltekkes Kemenkes Kupang memulai vaksinasi pukul 08.00 Wita hingga 13.00 Wita. Antrean warga sejauh satu kilometer beberapa jam sebelum jadwal yang direncanakan.

Proses vaksinasi dilakukan di Aula Prodi Kesehatan Gigi/Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang. Lokasi kampus yang berpagar keliling itu dipenuhi warga kota yang kebanyakan terdiri dari usia 18 tahun ke atas. Aksi saling dorong tidak terhindarkan dan berebut antrean untuk vaksinasi.

Pantauan VN di lokasi kerumunan warga semakin banyak melebihi kuota 250 orang yang ditetapkan Poltekkes Kemenkes Kupang. Warga berdesakan, banyak yang melompati pagar, lainnya saling dorong satu ke arah pagar meskipun ditahan oleh pihak kampus. Tak terelakkan, pagar masuk pun jebol rusak karena warga memaksa masuk untuk mendapatkan nomor antrean vaksin.

Petugas tidak mampu membendung kerumunan meskipun telah memberitahukan bahwa kuota telah penuh dan meminta masyarakat membubarkan diri.

“Sampai mau kermana tetap kita tidak bisa dapat karena manusia antre panjang sampai depan Kantor Imigrasi. Kami datang jam sembilan lewat pagar sudah rusak, orang lompat pagar. Manusia begitu banyak,” jelas Anastasia Welu kepada VN yang tidak kebagian jatah vaksinasi. (bev/ol)

Leave a Comment