Yandra Feoh Juara Pertama Turnamen Catur Piala Gubernur NTT

Maykal Umbu

 

Yandra Feoh berhasil meraih juara pertama kategori senior dalam Turnamen Catur Piala Gubernur NTT Pertama yang digelar di Aula El Tari, Kantor Gubernur NTT, selama enam hari mulai Kamis (4/11) hingga Selasa (10/11).

Juara kedua diraih Albert Dilak selaku master percasi dan juara ketiga disabet Tony Banunaek dari Kabupaten Alor.

Ketua Pelaksana Turnamen Catur Piala Gubernur NTT, Yohanes Jhon Dacosta, mengatakan, selama enam hari digelar dari 11 babak untuk senior dan 7 babak untuk junior, didapatkan Yandra Feoh sebagai juara pertama.

“Sudah dipastikan juara pertamanya Yandra Feoh. Ia meraih juara setelah menang WO dari lawannya. Raihan ini setelah Ia mendapatkan tiga poin tambahan dari 28 poin menjadi 31 poin dan itu sulit untuk dikejar oleh peserta lain,” Ungkapnya disela-sela gelaran turnamen, Selasa (10/11).

Ia menyebut, turnamen ini merupakan kejuaraan terbesar pasalnya para peserta berasal dari beberapa kabupaten, di antaranya Belu, Ende, Flores Timur, Alor, Rote Ndao, TTS, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

“Kategori senior 125 orang dan kategori junior 35 orang dengan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp25 juta,” Sebutnya.

Untuk hadiahnya, kategori senior juara pertama sampai ketiga masing-masing, Rp5 juta, Rp3 juta dan Rp1 juta sedangkan junior Rp1 juta, Rp500 ribu dan Rp400 ribu tetapi ada juga hadiah lainnya yang didapat peserta.

“Hadiah tambahan ini untuk memberikan kesenangan dan kepuasan kepada para peserta,” Kata dia.

Dalam penghitungan poin, Ia menyebutkan, untuk kemenangan meraih 3 poin, draw 1 poin dan kalah 0 poin. “Sistem penilaian ini digunakan untuk mencegah permainan yang tidak sesuai ketentuan,” Ujarnya.

Yandra Feoh, usai pertandingan mengatakan, sebagai pemain sangat mengapresiasi pemerintahan provinsi melalui panitia yang sudah menggelar turnamen catur. “Ini merupakan partisipasi pertama dalam turnamen catur Piala Gubernur NTT tahun ini,” Ungkapnya.

Ia mengaku, sebelum meraih juara turnamen kali ini, setiap babak sudah mengalahkan peserta lainnya di bawah 5 menit. “Kemarin tinggal 1 menit masih bisa mengalahkan peserta lainnya. Hasilnya 10 kali menang dan 1 kali draw,” Ujarnya.

Yandra mengaku, sebelum menjuarai turnamen ini, dirinya juga pernah menjuarai beberapa turnamen lainnya yang pernah diikuti.

“Saya sudah menjuarai beberapa turnamen dan elo rating catur di NTT saya masih diurutan nomor satu,” Ujarnya.

Ia mengungkapkan, dirinya pernah bermain pada tingkat nasional namun belum mendapatkan hasil yang maksimal, tetapi ada hasil yang baik beberapa waktu lalu dimana ia mendapatkan slot di play off untuk bermain di Medan.

“Saya berharap ke depan bisa ikut ke PON sehingga dapat membanggakan provinsi NTT, kalau bisa untuk olahraga Catur dapat memberikan perhatian lebih, sebagai atlet kita juga dapat diberikan motivasi bermain secara baik untuk olahraga ini,” Harapnya.

Raihan juara ini akan dipersembahkan kepada orang orang tua dan piala ini rencananya akan diberikan ke Gereja Glorya, Kupang. (Yan/ol)

Leave a Comment