Dishub Kupang Akan Lengkapi 10 CCTV Dengan Pengeras Suara

Putra Bali Mula

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur memantau arus lalu-lintas menggunakan CCTV. Pemantauan ini menggunakan 10 unit CCTV sebagai sarana prasarana lalu lintas.

Dishub Kota Kupang juga akan melengkapi CCTV dengan pengeras suara agar bisa memberikan edukasi lalu lintas dan  informasi lain kepada masyarakat atau pengguna kendaraan.

“Kami juga berencana untuk mensosialisasikan protokol kesehatan melalui alat ini, bahkan untuk program pemerintah daerah juga bisa disosialisasikan,” jawab Kepala Dishub Kota Kupang, Bernadinus Mere, Jumat (27/8).

Mere menambahkan CCTV ini sudah dipasang sejak tahun 2019 kemarin dan rencananya akan terus diperbaharui, disesuaikan dengan kondisi perkembangan kota, agar lalu lintas di Kota Kupang bisa dipantau dengan baik.

Ia mengatakan CCTV ini untuk memantau kelancaran arus lalu-lintas agar tidak terjadi pelanggaran seperti kendaraan yang diparkir sembarangan, kecelakaan dan hal lainnya di titik jalan utama di Kota Kupang hingga Bimoku.

“Jadi awalnya kami memasang 8 CCTV di 8 titik, tetapi kemarin kami menerima bantuan dari balai transportasi jalan dua CCTV,” lanjutnya.

Para petugas nantinya bisa memonitor berbagai kejadian di titik-titik yang juga disebut Area traffic Control Sistem atau ATCS.

“Jadi untuk memantau kondisi dan arus lalu lintas di kota Kupang Kami terus memantau di ruangan ATCS ini,” ungkapnya. (bev/ol)

Leave a Comment