DPT Pilkades di SBD Capai 135 Ribu lebih

Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya-Nusa Tenggara Timur, Dominggus Bulla

Frengky Keban

 

Usai melakukan verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) beberapa hari belakangan akhirnya pihak PMD merilis jumlah DPT final dalam Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi NTT dengan jumlahnya mencapai 135.164 orang.

“Ada 135.164 DPT dalam Pilkades kali ini. Dan jumlah DPT ini sifatnya sudah final setelah kami menerima semua hasil DPT dari desa dimana ada 102 desa yang akan mengikuti Pilkades,”kata Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya-Nusa Tenggara Timur, Dominggus Bulla, Jumat (25/6) siang.

Dominggus mengatakan jumlah DPT paling banyak ada di desa Kori-Kec. Kodi Utara dan Desa Radamata-Kec. Kota Tambolaka. Sedangkan desa dengan DPT terendah ada di desa Delu Depa-Kec.Kodi Bangedo dan Desa Weekambala-Kec.Loura.

“Paling tinggi itu di Kori dengan jumlah DPT ada 3.441 orang sedang paling rendah ada di desa Delu Depa dengan jumlah DPT ada 560 orang,”sebutnya.

Dengan jumlah DPT sebanyak itu tentu akan berimbas pada surat suara yang disiapkan panitia. Jumlah surat suara lanjutnya akan disesuaikan dengan DPT yang ada dengan tambahan 2 persen sesuai dengan Perbup. Dua persen itu digunakan jika ada surat suara yang rusak ataupun ada warga yang tidak terdata di DPT.

“Kita merujuk pada perbup yang ada. Sedang segala persiapan untuk pilkades sejauh ini terus kami lakukan agar di hari H tidak ada kendala apapun. Untuk kedatangan Surat suara dan bilik suara yang kurang diharapkan hari ini sudah bisa tiba. Kita masih menunggu sampai saat ini,” tutupnya. (Yan/ol)

Leave a Comment