Hoax Berita Bantuan UMKM Berjumlah Rp2.100.000

Yosi Kameo

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Kadis K-UKM) Kota Kupang, Danberty Ndapamerang, melalui
Sekretaris Arnolus Kay dan
Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil Fredrika K. Zogara membantah kebenaran berita yang menawarkan bantuan UMKM sebesar Rp.2.100.000.

Menurut Sekretaris K-UKM, di Kantor K-UKM Kota Kupang, Selasa (8/6), pendaftaran pelaku bantuan UMKM bagi masyarakat Kota memang sudah dimulai sejak 25 Mei 2021. Batas waktunya pada 24 Juni 2021.

Hal itu, tambahnya, sesuai dengan surat keputusan yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kupang Fahrensy Funay pada tanggal 25 Mei 2021.

Akan tetapi, lanjutnya, berita bantuan UMKM dengan jumlah Rp2.100.000 lewat situs yang beredar di WhatsApp bukan berasal dari Dinas K-UKM Kota Kupang.

Kabid Pemberdayaan UKM Kota Kupang membenarkan hal itu. “Yang betul itu Rp1.200.000, bukan Rp2.100.00,” katanya kepada VN di hari yang sama.

Untuk pendaftaran pelaku UMKM, tambahnya, bisa dilakukan lewat website resmi. Sesuai SK yang berlaku, website  pendaftaran bisa lewathttps://forms.gle/epNw7xR8bkG4RLwB8.

Selain itu, katanya, pendaftaran pun bisa dilakukan lewat kelurahan. “Kami bersurat ke Kelurahan, jadi bisa melakukan pendaftaran di kelurahan,”jelasnya.

Kesempatan mendaftar pada dasarnya tertutup bagi pelaku UMKM yang sudah pernah melakukannya. Karena sesuai SK yang ada, pelaku UMKM yang melakukan pendaftaran di tahun ini adalah mereka yang belum pernah mendaftar di tahun sebelumnya.

Terkait bantuan UMKM berjumlah Rp2.100.000 yang mengatasnamakan BRI, Kepala BRI Cabang Kupang di Fontein Kota Kupang, belum memberikan tanggapan hingga berita ini diturunkan. (Yan/ol)

Leave a Comment