Kesal akibat Polusi, Warga Dusun Dendeng Blokir Jalan Tilong

Sejumlah warga Dusun Dendeng saat menutup jalan Tilong di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Jumat (4/6). Foto: Afret Otu vn.

Afret Otu

 

Sejumlah warga Dusun Dendeng di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT memblokir jalan menuju Tilong. Pemblokiran jalan disebabkan polusi udara akibat tanah putih yang digunakan untuk menutup jalan tersebut.

Tanah putih sengaja digunakan untuk menutup jalan karena badan jalan rusak parah. Padahal jalan itu merupakan akses ke jalan Timor Raya.

 

Ketua RT 07 Desa Noelbaki Yane Henuk Fanggi mengatakan seluruh warga merasa sangat terganggu dengan polusi udara dari jalan itu karena pada musim hujan jalan penuh lumpur dan pada musim panas penuh debu.

Menurut dia polusi udara yang dirasakan itu bukan baru satu tahun namun sudah belasan tahun sangat menganggu kesehatan masyarakat di sepanjang jalan Tilong yang diperkirakan sepanjang 1 km.

Dia menjelaskan banyak sekali kendaraan roda dua maupun roda empat bahkan roda delapan melalui jalur itu. Sehingga debu tanah putih dari timbunan jalan itu beterbangan dan rumah-rumah di sekitar daerah situ tercemar oleh debu.

“Bukan hanya rumah tetapi para penjual sayur-sayuran di situ sangat tercemar debu. Kalau sayur sudah tercemar yang beli pasti tidak lagi bersih, halaman rumah kita dan rumah kita putih terus karena debu,”ucapnya.

Salah satu tokoh pemuda Dusun Dendeng Yupiter Loinati mengatakan aksi penutupan jalan itu adalah bentuk protes menuntut keadilan karena sejak jalan dibuat tidak ada kepedulian dari pihak pemerintah baik itu Provinsi maupun Kabupaten dengan alasan status jalan yang tidak bertuan. Dia berharap dengan aksi tutup jalan dapat membuka mata batin pihak pemerintah  untuk segera menolong masyarakat pengguna jalan. (Yan/ol)

 

Leave a Comment