La-Smata, Brand Wisata Baru NTT

Pantai Liman di Pulau Semau. Sumber: Instagram @armayadoremi)
Pantai Liman di Pulau Semau. Sumber: Instagram @armayadoremi)

Putra Bali Mula

Dinas Pariwisata NTT sedang menyiapkan beberapa brand baru destinasi wisata termasuk yang menang API Award 2020. Brand baru yaitu La-Smata  jadi tandingan Labuan Bajo

“Karena Semau sudah punya nama dan akan terus kami promosikan, nasional sudah tahu. Supaya jangan mati dan ini nanti jadi kekuatan kami untuk pengembangan wisata lainnya. Ini media agar masyarakat terlibat,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Wayan Darmawa.

Saat ditemui VN di ruang kerjanya Jumat (4/6), ia juga menyebut pihaknya meminta BUMN ikut mempublikasikan brand baru maupun destinasi yang telah menang API Award.

Semau akan menjadi ikon penting La-Smata atau segitiga destinasi terintegrasi yaitu Lasiana, Semau dan Tablolong. Tiga pulau dengan pantai eksotik ini akan dihubungkan dengan speed boat melalui dermaga induk di Lasiana.

Pantai Lasiana. Sumber: Travel/Okezone

Pantai Lasiana. Sumber: Travel/Okezone

Semau yang diakui lewat API Award akan mengangkat segitiga destinasi pantai eksotik ini. Pengembangan ini bekerjasama dengan Bank Mandiri dan Lantamal.

“Ke depan ini yang jadi tandingan Labuan Bajo. Harus bersaing karena ini juga sangat hebat. Kita buat brand-nya dulu,” lanjutnya.

Brand baru yang disiapkan desainnya juga adalah di Pulau Sumba yaitu Sumba Timur dan Sumba Barat. Di Flores ada Kelimutu dan destinasi lainnya. Sementara untuk Pulau Timor, selain La-Smata, pada wilayah perbatasan akan ikut dikembangkan brand wisata berbasiskan pulau yakni Pulau Rote dan sekitarnya serta Pulau Alor.

“Kita akan bikin brandnya, atraksi dan eventnya,” tambah dia. (bev/ol)

Leave a Comment