Penerimaan Jalur Mandiri Poltekkes Kupang Digelar Juni

Putra Bali Mula

 

Poltekkes Kemenkes Kupang pada tahun 2021 memiliki tiga tahap penerimaan mahasiswa baru yaitu PMDP (Penelusuran Minat dan Prestasi) yaitu 259 orang, jalur Simama (seleksi bersama mahasiswa baru) 800 orang secara online di tahun ini, dan alur mandiri yaitu 300 orang dan dibuka setelah Simama.

Seleksi mandiri sebagai tahap akhir ini akan dilakukan pada Juni ini setelah mahasiswa yang masuk tahap sebelumnya melakukan registrasi.

“Setelah itu PBM (proses belajar mengajar) di bulan Juli,” kata Wilhelmus Olin, Pudir 3 saat dihubungi VN.

Untuk tahun ini dibuka untuk 1.200 mahasiswa baru dan jumlah ini kurang lebih sama dengan tahun sebelumnya. Sementara saat ini mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kupang mencapai kurang lebih 3500 mahasiswa.

Berkaitan dengan pandemi dan Badai Seroja, hanya tes yang benar penting saja yang dilakukan untuk menekan biaya sehingga tidak menjadi beban bagi calon mahasiswa.

Sistem daring juga tetap diberlakukan untuk perkuliahan. Sedangkan praktek sendiri dilaksanakan dalam kelompok kecil yang nantinya datang ke kampus.

“Sebelum itu kita tes dulu dan setiap mereka datang masker dipakai, dicek suhu, cuci tangan, baru dilakukan praktek. Itu rutin,” lanjut dia.

Sementara Universitas Nusa Cendana juga telah mengumumkan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Berdasarkan pengumuman di website resminya disebut pendaftaran dimulai tanggal 14 Mei sampai dengan 18 Juni 2021 melalui alamat website https://smmu.undana.ac.id

Metode seleksi menggunakan penilaian portofolio, antara lain dari nilai raport, Akreditasi Sekolah; daerah 3T; Prestasi bidang olah raga, sains dan seni (tingkat Internasional/Nasional/Provinsi/Kabupaten/Kotamadya).

Kelompok Seleksi dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok Saintek, Soshum. Setiap peserta hanya dapat memilih 2 Program Studi dalam kelompok yang sama (tidak boleh lintas kelompok). Pilihan pertama merupakan pilihan prioritas. (Yan/ol)

Leave a Comment