Pesta Dibatasi, Kota Kupang Level 3 Hingga 4 Oktober

Wakil Wali Kota Kupang Herman Man. Foto: Nahor Fatbanu/VN

Putra Bali Mula

Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur ditetapkan tanggal 21 September 2021 sampai dengan 4 Oktober 2021.

“Hari ini sudah keluar surat edaran kita,” kata Herman Man, Wakil Wali Kota Kupang di Gedung DPRD Kota Kupang, Rabu (22/9).

Ia menilai meskipun ada banyak kelurahan yang telah zona kuning dan tinggal beberapa kelurahan zona merah tetap saja kerumunan perlu dihindari.

Patroli akan tetap diteruskan hingga evaluasi penetapan level PPKM.

Ia menyebut apabila Kota Kupang tidak turun ke level dua maka kerumunan seperti pesta-pesta akan dilarang.

Herman sendiri tidak berharap PPKM Level 4 kembali terjadi di Kota Kupang dan ingin Kota Kupang turun ke level 2.

Dalam Surat Edaran Wali Kota Kupang soal penetapan PPKM Level 3 disebut kegiatan olahraga atau pertandingan olahraga diperbolehkan, antara lain diselenggarakan oleh pemerintah tanpa penonton atau suporter dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat memakai masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau handsanitizer, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi interaksi.

Olahraga mandiri atau individual bksa dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi interaksi.

Sementara untuk kegiatan resepsi pernikahan dan hajatan (kemasyarakatan) maksimal 50 persen dari kapasitas atau maksimal 50 orang, maksudnya orang yang hadir pada waktu yang sama di tempat acara tersebut tidak melampaui 50 orang baik dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya kerumunan pada saat kegiatan resepsi pernikahan atau hajatan. Selain itu tidak diperbolehkan adanya hidangan makanan ditempat dan wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (bev/ol)

Leave a Comment