PPKM di Kota Kupang, Posyandu Balita dan Lansia Tetap Dilaksanakan

Sinta Tapobali

PPKM dari level 4 ke level 3 membuat akses pelayanan Posyandu Balita dan Lansia bisa dinikmati kembali oleh masyarakat.

Kepala Puskesmas Penfui, drg. Hariyono di ruang kerjanya, Rabu (22/09) pagi mengatakan pelayanan Posyandu Balita dan Lansia tetap berjalan dengan penerapan prokes ketat.

Ia mengatakan petugas kesehatan dan para kader tetap memberikan layanan pemantauan perkembangan balita dan beberapa kegiatan imunisasi lainnya.

“Untuk Posyandu memang ada penegasan dari dinas agar kegiatan Posyandu tetap berjalan namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5 T dengan baik dan benar,” ujarnya.

Ia mengatakan pelayanan Posyandu penting untuk memantau perkembangan kesehatan dari setiap bayi maupun balita terutama di masa pandemi Covid-19.

Ia berharap orang tua maupun keluarga lansia tidak perlu merasa takut membawa bayi dan lansia mendapatkan pelayanan di Posyandu.

Jumiatun, salah satu Kader Posyandu mengatakan pelaksanaan Posyandu di RT 18 Kelurahan Penfui sudah berjalan sejak bulan Agustus.

Menurutnya, meski di tengah PPKM level 3, orang tua yang datang membawa bayi dan balita mereka ke Posyandu cukup banyak.

“Hampir semua orang tua datang membawa bayi dan anak-anak mereka untuk ditimbang dan diberikan imunisasi, jadi hingga tanggal 15 kemarin Posyandu tetap berjalan dengan baik,” ujar Jumiatun.

Meski demikian para orang tua yang datang tetap diarahkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, membawa handsanitizer, memakai masker serta menjaga jarak selama Posyandu berlangsung.

“Prokes tetap kami laksanakan dengan baik dan setiap orang tua yang datang kami wajibkan untuk memakai masker, kami juga wajibkan untuk memakaikan masker pada anak mereka yang sudah bisa pakai masker,” tambahnya. (bev/ol)

Leave a Comment