Produk NTT Punya Kualitas dan Mampu Bersaing

Gerasimos Satria

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  memiliki produk-produk unggulan karya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menarik dan mampu bersaing secara kualitas dengan produk UMKM lain di Indonesia.

“NTT memiliki produk unggulan seperti
minyak kemiri dari Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat, minyak marongge dan kopi Colol yang sudah mendunia,” ujar Bupati Mabar Edistasius Endi dalam acara puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Kilau Digital Permata Flobamora,Jumat (18/6 ) di Puncak Waringin Labuan Bajo.

Endi mengatakan NTT memiliki potensi produk unggulan di sektor perkebunan, pertanian,perikanan dan pariwisata. Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah daerah siap mendukung pemasaran produk-produk unggulan di NTT untuk go internasional.

Pemerintah daerah akan terus mendorong pengembangan UMKM serta lebih giat melakukan promosi.

Endi mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah di NTT untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk bisnisnya.

“Sudah saatnya UMKM harus kreatif dalam memasarkan produknya sehingga mampu bersaing dengan produk UMKM lainnya di Indonesia. Produk NTT tidak kalah dengan produk luar negeri. Kita punya kopi yang enak,kita punya tenun dan kita punya minyak Marongge,” ujar Endi.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate mendorong UMKM di NTT untuk melakukan penjualan digital agar produk-produk lokal agar dapat menjangkau pasar yang tidak terbatas.

Kilau Digital Permata Flobamora digelar sebagai bagian dari tema besar nasional Bangga Buatan Indonesia dengan fokus untuk memajukan dan mempromosikan produk-produk UMKM NTT melalui media digital.

“Pada Tahun 2024 pemerintah pusat menargetkan ada 50 persen UMKM dari NTT mampu onboarding digital,”ujar Johny. (bev/ol)

Leave a Comment