Spater 88 bersama PSH untuk NTT Bantu Warga Sukun

Koordinator Panitia Satu Hati Untuk NTT, Emanuel Kota saat mengantar bantuan ke Pulau Sukun Senin (24/5) siang.

Yunus Atabara

 

Alumni SMP Frater 1988 (Spater 88) Peduli, bersama dengan Panitia Satu Hati (PSH) untuk NTT, membantu korban banjir ROB di Pulau Sukun, Desa Semparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT.

Bantuan itu berupa beras 1 ton, minyak goreng, gula pasir dan sayur-mayur. Pendropingan bantuan itu menggunakan sebuah kapal nelayan untuk memuat logistik serta Sea Rider yang difasilitasi Lanal Maumere.

Koordinator PSH untuk NTT Posko Jakarta, Emanuel Kota, kepada VN Senin (24/5) mengatakan, sejak peristiwa bencana seroja dan banjir bandang yang merenggut korban nyawa dan harta benda di beberapa wilayah di NTT, PSH untuk NTT Jakarta menggalang dana.

“Hari ini kami antar bantuan ke Pulau Sukun berupa beras 1 ton, minyak goreng, gula pasir dan sayur-sayuran. Kami difasilitasi oleh Pak Danlanal,” kata Pria yang akrab disapa Mance Kota itu.

Bantuan untuk korban banjir ROB di Pulau Sukun itu merupakan bantuan dari paguyuban istri-istri AKZABRI 1992 dan Binroh Kristiani Telkom Jakarta serta Diaspora se-Jabodetabek.

Pejabat Badan Penghubung NTT di Jakarta Florida Setyawati saat mengantar bantuan ke Pulau Sukun Senin (24/5) siang.

Selain itu juga dari Alumni Spater 88 yang ada di Jakarta serta di daerah lain melalui kegiatan NTT Satu Hati Posko Jakarta. Bantuan itu untuk meringankan beban para korban banjir ROB di Pulau Sukun yang rumahnya rusak dan terendam air laut.

Koordinator PSH Untuk NTT Posko Jakarta, Mance Kota menjelaskan penggalangan donasi sudah dimulai sejak 6 April 2021 hingga 21 April 2021 lalu.

Donasi dalam bentuk barang yang sudah didistribusikan ke NTT sudah lebih dari 200 ton. Bantuan itu sebelumnya ditampung di salah satu Gudang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur yang difasilitasi oleh pejabat dari Perwakilan NTT di Jakarta.

Bantuan itu dibawa dari Jakarta menggunakan dua metode, yakni transportasi udara (Pesawat Garuda dan Hercules) dan transportasi laut (PT PELNI) yang didistribusikan langsung ke daerah terdampak oleh tim yang ada di daerah.

Pejabat Badan Penghubung NTT di Jakarta, Florida Setyawati secara terpisah kepada VN menjelaskan bahwa keterlibatan Badan Penghubung selain panitia juga memfasilitasi gudang penampungan barang serta kelancaran pengiriman ke daerah.

“Kami membantu fasilitas gudang di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur, serta proses untuk kelancaran pengiriman bantuan ke daerah,” ujarnya. (Yan/ol)

 

Leave a Comment