Surat Suara Pilkades Sudah Tiba di SBD

Frengky Keban

Surat, kotak dan bilik suara untuk Pilkades Serentak 2021 telah tiba di Sumba Barat Daya (SBD), Jumat (25/6) malam.

Semua disimpan sementara di kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) SBD sebelum didistribusikan ke TPS masing-masing desa.

Pantauan VN, perlengkapan pilkades diangkut truk dan pick up dengan pengawalan ketat pihak keamanan.

Kepada VN, Ketua Panitia Pilkades Tingkat Kabupaten, Dominggus Bulla mengatakan tidak ada cacat baik pada surat suara, bilik suara dan kotak suara.

Jumlahnya pun sesuai pesanan sebanyak 137.867 termasuk tambahan 2 persen dari DPT yang ada, 99 kotak suara dan 198 bilik suara. Jumlah ini sebutnya akan bertambah dengan adanya cadangan bilik suara dari KPUD SBD sebanyak 1.000.

“Cadangan dari KPUD pun sudah ada di sini (PMD). Besok (hari ini) rencananya kami mau lipat surat suara dengan meminta bantuan mahasiswa/i STKIP Weetabula dan itu sudah disetujui oleh rektornya. Nah kalau dilihat dari jumlah perhitungan bilik suara dengan jumlah DPT itu sudah seimbang. Kalau seandainya peserta pilkades wajib pilih datang tepat waktu maka perhitungan kami 5 jam sudah bisa selesai. Iya jam 13.00 wita itu atau sejam lebih awal dari batas waktu yang ditetapkan dalam Perbup yaitu pukul 14.00 Wita,”katanya.

Dominggus mengatakan waktu bisa diperpanjang hingga pukul 15.00 Wita dengan asumsi para pemilih masih berada di TPS untuk menunggu giliran mencoblos. Hal ini berbeda jika di waktu tersebut tidak ada lagi warga yang ingin mencoblos maka waktu pencoblosan tidak lagi diperpanjang.

“Diharapkan para calon untuk menyampaikan kepada pendukungnya untuk datang tepat waktu sesuai dengan waktu yang diatur dalam Perbup Nomor 12 Tahun 2021 dan yang sudah disosialisasikan oleh ketua BPD dan ketua panitia tingkat desa,” tambahnya. (bev/ol)

Leave a Comment