UPH Kampus Surabaya dan Lion Air Group Donasi Buku untuk Siswa Sumba Timur

Putra B Mula

 

Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Surabaya bersama Lion Air Group memberikan keterangan dan perkembangan terkini terkait pelaksanaan acara dari salah satu rangkaian kalender kegiatan sosial dengan penggalangan dalam bentuk buku yang bertajuk Buku dan Gerakan Membaca untuk Makamenggit, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Hal tersebut disampaikan Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis yang diterima VN, Minggu (20/6). Bantuan buku yang dikumpulkan juga telah didonasikan belum lama ini di SD Masehi Makamenggit, Sumba Timur.

Agenda di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba ini dijalankan pada momentum periode berjalan Mei hingga Juni 2021 yaitu Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021, Hari Buku Nasional 17 Mei 2021, Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021, Hari Anak-Anak Sedunia (01 Juni 2021, Hari Lingkungan Hidup 05 Juni 2021, Hari Ulang Tahun 21 Tahun Lion Air 30 Juni 2021.

Program sosial berupa bantuan paket buku secara fisik dengan fokus pengumpulan buku yang terbagi dalam kategori buku pelajaran, buku menggambar, buku cerita dan gambar, buku tulis dan lain-lain.

Pemilihan lokasi ditujukan kepada SD Masehi Makamenggit yang berada di Jalan Waingapu-Lewa, Matawai Torung, Makamenggit, Nggaha Oriangu. Tujuan ke sekolah dasar ini sangat tepat berdasarkan pertimbangan matang, sesuai kondisi sekolah, kebutuhan sarana perpustakaan, melengkapi keperluan literasi bagi siswa dan melalui rekomendasi dari Yayasan Persekolahan Masehi di Waingapu, sebagai yayasan utama pengelolaan sekolah dimaksud.

Penyerahan diterima langsung oleh Ketua Yayasan Persekolahan Masehi, Pdt. Naftali Djoru selaku Konsultan Yayasan Persekolahan Masehi, Siti Suryani selaku Kepala SD Masehi Makamenggit, Anggreni Nday Mbati selaku Kepala Desa Matawai Torung, Apollo Djarawolu beserta jajaran pihak sekolah, yang diserahkan simbolis oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dan Koordinator Pelaksanaan Donasi Buku Waingapu – UPH Surabaya, Richardo Evan Wongharyono.

Buku dan Gerakan Membaca untuk Makamenggit, Sumba Timur merupakan penyerahan bantuan secara langsung yang terkumpul dari para penggiat literasi kepada Yayasan Persekolahan Masehi dan SD Masehi Makamenggit.

Executive Director UPH Kampus Surabaya, Dr. Ronald Suryaputra mengatakan, Universitas Pelita Harapan (UPH) Kampus Surabaya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada berbagai pihak dalam mendukung kegiatan sosial dengan menyumbangkan berbagai buku.

“Ini dukungan yang tak ternilai ini sangat berarti dan bermanfaat bagi saudara-saudara kita,” tandasnya.

UPH Kampus Surabaya sangat berterima kasih kepada seluruh keluarga Yayasan Persekolahan Masehi khususnya SD Makamenggit atas penerimaan secara tulus dari kegiatan ini.

“Bagi kami, memberikan dampak positif, pertama, membantu saudara-saudara kita untuk melengkapi dan menambah berbagai sumber bacaan di sekolah tersebut. Kedua, dengan datang dan melakukan penyerahan langsung ke lokasi ini kami pergunakan sebagai bagian pembelajaran praktikum, menunjang materi perkuliahan tertentu dan akan terus memotivasi, inspirasi membangun kepedulian terhadap lingkungan sekitar, terutama yang sangat membutuhkan, ” kata Ronald.

UPH Kampus Surabaya berterima kasih kepada Lion Air Group senantiasa dapat berkolaborasi dengan baik, mampu memberikan pengalaman baru dari sinergitas industri penerbangan bersama pendidikan.

Ketua Yayasan Persekolahan Masehi (YapMas), Pdt. Naftali Djoru mengungkapkan, seluruh anggota yayasan dan sekolah sangat terbuka ketika Lion Air Group dan UPH Kampus Surabaya akan berkunjung dalam rangka memberikan buku kepada SD Masehi Makamenggit.

“Kami menyambut baik atas inisiasi dan kegiatan langsung yang dilakukan Lion Air Group bersama UPH Kampus Surabaya,” kata dia.

“Buku-buku akan kami pergunakan sebagai sumber referensi mata pelajaran yang sesuai, membuat ruang baca (pintar), pengelolaan dan menghidupkan perpustakaan agar semakin mendorong minat baca dan belajar anak-anak khususnya SD Masehi Makamenggit,” ungkapnya.

Sebagai informasi, SD Makamenggit didirikan pada 1948 sebagai salah satu perintis pendidikan dan pelatihan sejak dini untuk wilayah Sumba Timur. Lokasi ditempuh dengan berkendara sekitar 180 menit dari Kota Waingapu. Saat ini memiliki 58 siswa (kelas 1 – 6) serta 8 tenaga didik. Kondisi lingkungan masih terbatas dengan jaringan internet, sehingga kehadiran buku-buku ini dinilai akan sangat memperkuat program dan aktivitas kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro pada kesempatan yang sama menyebut Lion Air Group berterima kasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan bantuan atau donasi berupa buku-buku untuk membantu anak-anak (siswa) SD Masehi Makamenggit di Sumba Timur.

Danang menyatakan gerakan membaca di SD Makamenggit ini sesuai protokol kesehatan. Pada kesempatan yang baik itu, Lion Air Group memperkenalkan industri penerbangan kepada siswa-siswi seperti jenis pesawat, profesi pilot, pramugari dan lainnya melalui berbagai gambar menarik dengan tujuan utama mendorong belajar anak sejak dini, wahana edukatif dan informatif mengenai dunia aviasi, serta untuk menumbuhkan imajinasi dan minat anak terhadap penerbangan. (Yan/ol)

 

Leave a Comment