Warga Tubuhue Dapat Bantuan Dua Pompa Hidram dari TNI

Prajurit Kodim bersama warga gotong royong memasang pompa hidram di Kelurahan Tubuhue, Kabupaten TTU, Provinsi NTT.

Gusty Amsikan

Kodim 1618/TTU melaksanakan kegiatan pemasangan pompa hidram di RT 25, Kelurahan Tubuhue. Pompa hidram tersebut merupakan salah satu dari 8 pompa hidram bantuan dari Pangdam IX/Udayana. Bantuan pompa hidram tersebut diberikan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan air bersih, baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk kegiatan pertanian.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, ketika diwawancarai media ini, Rabu (26/5) mengatakan pemberian bantuan pompa hidram tersebut merupakan program dari Pangdam IX/Udaya. Pihaknya yang berada di wilayah Kodim 1618/TTU ditugaskan untuk mencari sasaran-sasaran penerima program bantuan pompa hidram. Sasaran penerima program diutamakan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan air bersih untuk keperluan sehari-hari maupun untuk kegiatan pertanian.

Menurut Junaidi, Kodim 1618/TTU memperoleh jatah 8 buah pompa hidram dalam program tersebut. Pihaknya kemudian menentukan sasaran berdasarkan kriteria teknis yakni sumber air berada di bawah, sementara masyarakat berada di atas. Setelah melakukan beberapa survey, pihaknya memutuskan lokasi RT 15, Kelurahan Tubuhue memenuhi persyaratan dan kriteria teknis tersebut. Pihaknya kemudian meminta izin kepada Pemerintah mulai dari tingkat RT hingga Kabupaten dan memperoleh izin untuk pemasangan pompa hidram.

Ia menambahkan, pemasangan pompa hidram itu untuk membantu masyarakat yang kesulitan air untuk pertanian dan kebutuhan sehari-hari. Diperkirakan akhir bulan Juni ini, pihaknya baru bisa mengalirkan air dari bak resistan ke bak primer. Proses tersebut diperkirakan memakan waktu satu bulan.

“Ini pompa hidram kedua yang kita pasang. Pompa hidram pertama kita pasang di Inbate. Masih tersisa enam lainnya. Sesuai rencana akan kita pasang di sejumlah lokasi lain,” pungkasnya.

Salah seorang warga Kelurahan Tubuhue, Markus, mengaku sangat senang dan terbantu dengan adanya bantuan pompa hidram dari pihak TNI. Pemasangan pompa hidram tersebut jelas akan membawa manfaat besar bagi masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kegiatan pertanian. Ia sangat berterima kasih dan berharapTNI dapat mengadakan program-program lain yang membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Kami sangat senang, karena TNI melalui Kodim 1618/TTU sangat peduli dengan kondisi kami. Semoga bantuan-bantuan yang memberdayakan seperti ini bisa terus kami terima di hari-hari mendatang,”pungkasnya. (Yan/ol)

Leave a Comment