SPBU Mena Hangus Terbakar

SPBU TERBAKAR: Bangunan SPBU Mena di Kabupaten Manggarai tampak hangus terbakar, kemarin.
SPBU TERBAKAR: Bangunan SPBU Mena di Kabupaten Manggarai tampak hangus terbakar, kemarin.

STASIUN Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Mena Kecamatan Langke Rembong, Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai terbakar, sekitar pukul 10.45 Wita, Senin (10/5).

Pantauan VN, api dengan cepat melalap 1 unit dispenser pompa BBM dan hampir tiga per empat bnagunan SPBU terbakar. Selain itu, dua buah sepeda motor pelanggan SPBU yang sedang mengisi BBM juga ikut terbakar. Beruntung dalam peristiwa kebakaran itu, tidak ada korban jiwa.

Tampak petugas SPBU, kepolisian, dan TNI bahu membahu memadamkan kobran api dengan peralatan seadanya. Mereka berhasil meredam kobaran api, sehingga tidak sempat menyebar hingga ke dua dispenser lainnya.

Tampak petugas pemadam kebakaran Pemkab Manggarai, ikut membantu memadamkan kobaran api.
Warga seputar SPBU Mena,Vinsensius Jemadu mengaku kejadian kebakaran terjadi Pukul 10.45 Wita. Dimana saat itu terjadi antrean panjang pengisisan Bahan Bakar Minyak (BBM) baik kendaraan roda dua dan roda empat di SPBU Mena. Ia bersama warga lainnya yang bermukim di sekitar SPBU Mena panik dan kaget.
Bersama warga, Jemadu mengaku keluar rumah membawa air guna membantu petugas SPBU dan polisi memadamkan api. Kobaran api sangat cepat, sehingga pihaknya kewalahan memadam api karena kekurangan air.

“Kejadian kebakaran itu sekitar pukul 10.45 WITA, kami warga setempat juga kaget melihat nyala api yang begitu besar. Kami tidak mengetahui penyebab kebakaran,” ujarnya.

Vinsensius tidak mengetahui penyebab kebakaran dan beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka khususnya pengendara yang antre mengisi BBM. Ada dua unit sepeda motor yang ikut terbakar.

“Tidak ada korban jiwa, akibat kebakaran hanya ada dua unit sepeda motor yang hangus terbakar, sementara api sudah dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran,” ujarnya.

Alex Hadi petugas SPBU yang bertugas mengaku bersama lima orang petugas kaget saat terjadi kebakaran dan tidak mengetahui sumber api awalnya dari mana.

“Saat kejadian, sedang ada pengisian BBM pada sebuah sepeda motor. Api tiba-tiba muncul. Kami kaget dan tidak tau, api muncul dari mana duluan, apakah dari sepeda motor atau dari dispenser,” ungkapnya.

Terpisah, Paur Humas Polres Manggarai, Ipda I Made Budiarsa yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya menyampaikan saat ini Polres sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran SPBU Mena.

Tim Inafis dari Polres Manggarai telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).
Polres Manggarai, juga sudah memasang garis polisi di lokasi kebakaran di SPBU Mena. Namun pihaknya belum dapat memberikan penjelasan terkait penyebab kebakaran.

“Kami belum bisa pastikan penyebab atau kerugiannya. Tim dari Polres Manggarai sedang dilapangan,” ungkapnya.

Leave a Comment