LSM YEU Gelar Pelatihan Standar Kemanusiaan Inklusif

 

Kekson Salukh

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) YAKKUM Emergency Unit (YEU) yang berkantor Pusat di Yogyakarta menggelar pelatihan Humanitarian Inclusion Standars atau Standar Inklusi Kemanusiaan khususnya perhatian bagi kelompok rentan, baik lanjut usia, penyandang disabilitas, maupun rentan lainya, Rabu, (9/6) pagi di Hotel Amaris Kupang.

Koordinator Lapangan LSM YEU Eli Sunarso dalam sambutannya mengatakan kegiatan pelatihan berlangsung satu hari dengan melibatkan satu fasilitator dan puluhan peserta mitra dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta yang ada di Provinsi NTT khususnya kota/kabupaten Kupang.

“Pelatihan ini biasanya standarnya dilakukan tiga sampai lima hari. Tetapi di sini satu hari saja dilakukan, minimal sebagai semangat awal dari kita untuk melakukan hal-hal dasar tentang bagaimana pelayanan kemanusiaan yang inklusi bisa kita dapatkan hari ini,” ujarnya.

Eli mengatakan tujuan pelaksanaan pelatihan Standar Inklusi Kemanusiaan merupakan bagian dari proses belajar bersama YEU sebagai salah satu unit dari Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum) dalam upaya meningkatkan model/bentuk dan prinsip pelayanan kemanusiaan yang yang berkeadilan.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kapasitas bersama tentang pelayanan kemanusiaan yang inklusi atau yang berkeadilan dan bermartabat.

“Kalau ada yang jatuh kita bisa angkat. Kalau ada yang lemah kita bisa kuatkan, kalau ada yang tercecer kita bisa kumpulkan, dan kalau ada yang tertinggal kita bisa jemput mereka, karena tidak ada yang boleh tertinggal (no one left behind), ” katanya.

Ia berharap kesempatan ini menjadi ruang untuk konsolidasi, koordinasi dan memperkuat kerjasama dalam pelayanan kemanusiaan yang inklusi di waktu-waktu mendatang.

“YEU menyampaikan terimakasih kepada semua pihak khususnya peserta yang telah menghadiri kegiatan pelatihan ini. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dan kerja sama GMIT, Pemerintah provinsi NTT, dan Kabupaten/Kota Kupang. Semoga proses ini berjalan baik, dan ke depan semakin baik, untuk meningkatkan kapasitas kita bersama,” ujarnya. (bev/ol)

Leave a Comment