Jalan Menuju Objek Wisata Istana Ular Rusak Parah

Inilah jalan menuju objek wisata Istana Ular di Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT yang saat ini rusak parah. Foto: Gerasimos Satria vn.

Gerasimos Satria

 

JALAN raya menuju objek wisata Istana Ular, di Desa Galang,Kecamatan Welak,Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi NTT dalam kondisi rusak parah. Padahal,objek wisata Istana Ular memiliki panorama sangat indah dan layak dipromosikan.

Pantuan Victory News, Selasa (27/4), kondisi jalan menuju objek wisata Istana Ular cukup memperihatinkan. Selain jalan sangat sempit,banyak lubang menganga sehingga saat musim hujan menjadi kubangan lumpur. Rata-rata aspal jalan sudah mulai terkelupas.

Jalan rusak tampak mulai dari Desa Golo Ronggot sampai di tempat Parkir kendaraan, tepatnya di atas bukit Istana Ular,Desa Galang,Kecamatan Welak. Ruas jalan yang rusak menuju destinasi wisata tersebut sejauh 15 kilometer (Km).

Ketua pelaksana harian Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita) Indonesia Cabang Manggarai Barat, Donatus Matur menuturkan, kerusakan jalan menuju kawasan destinasi wisata Istana Ular sangat meresahkan wisatawan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar dinilai belum maksimal mengurus infrastruktur penunjang pariwisata.

Dia meminta Pemkab Mabar serius memperhatikan infrastruktur menuju destinasi wisata Istana Ular. Infrastruktur jalan yang kurang baik selama ini menjadi sasaran kritikan wisatawan mancanegara dan berpotensi mengurangi kunjungan.

Dia meyakini jika kondisi jalan menuju objek wisata Istana Ular  diperbaiki akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Sehingga Pemkab Mabar harus mempercepat perbaikan kerusakan jalan sebagai salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke objek wisata yang memiliki ratusan spesies ular itu.

“Istana Ular merupakan wisata gua yang menawan. Akses wisatawan menuju restinasi wisata Istana Ular menjadi masalah utama lantaran kondisi jalan rusak parah. Padahal faktor yang berperan mendukung pengembangan objek wisata Istana Ular yakni infrastruktur jalan yang memadai jadi Pemkab harus perhatikan dengan serius,” tandasnya.

Selain perbaikan infrastruktur jalan, Pemkab Mabar juga diminta untuk menata rest area atau tempat istirahat wisatawan yang mengunjungi Istana Ular.

Jalan menuju destinasi wisata Gua Istana Ular

Kepala Desa Galang, Ari Samsung mengaku salah satu yang menjadi keluhan wisatawan saat mengunjungi destinasi wisata istana ular adalah infrastruktur jalan. Infrastruktur jalan menuju Istana Ular sangat parah dan hampir 90 persen rusak berat.

Saat musim hujan, akses wisatawan ke objek wisata Istana Ular sangat sulit lantaran kondisi jalan yang sulit dilalui kendaraan roda Empat dan roda Dua.

 

Ikon Wisata Baru

 

Dia mengatakan Pemerintah Desa (Pemdes) Galang saat ini mulai menata destinasi wisata Istana Ular menjadi ikon wisata baru yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. Wisatawan yang akan berkunjung ke Istana Ular nantinya dipastikan akan menikmati makanan lokal hasil olahan kelompok masyarakat di Desa Galang.

Ia berharap agar infrastuktur jalan menuju obyek wisata Istana Ular menjadi perhatian serius Pemkab Manggarai Barat untuk segera diperbaiki.Dengan tujuan agar kunjungan wisatawan ke Istana Ular semakin meningkat kedepannya.

“Kami meminta Pemkab Manggarai Barat untuk memperbaiki jalan menuju Istana Ular yang saat ini rusak parah. Jika kondisi jalan menuju Istana Ular membaik,dipastikan kunjungan wisatawan ke destinasi Istana Ular semakin meningkat,” tutupnya. (Yan/ol)

Leave a Comment