NTT Juara Umum API Awards 2020

Ketua Dekranasda NTT Julie Sutrisno Laiskodat saat menerima piala juara satu Kategori Makanan Tradisional Terpopuler yakni se’i. Foto: Kekson/VN

 

 

 

Kekson Salukh

Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil menyabet juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards tahun 2020. Sementara juara favorit diraih oleh Kabupaten Banjar Negara. Sebelumnya prestasi serupa pernah diraih NTT pada API Awards 2016.

Keberhasilan itu diumumkan secara terbuka pada acara malam puncak API Awards 2020 di Hotel Inaya Bay, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Kamis, (20/5) malam.

Turut hadir Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Ketua DPRD NTT Emi Nomleni, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, Bupati Belu dr, Taolin Agustinus, dan ratusan tamu undangan lain dari provinsi yang ada di Indonesia serta jajaran Forkompinda NTT.

Pewara mengumumkan 18 kategori yang dilombakan dan NTT masuk dalam nominasi 8 kategori. NTT berhasil menyabet juara juara dan juara dua dalam setiap kategori.

Delapan nominasi kategori yang dijuarai NTT yakni

Kategori Surga Tersembunyi

Juara 2 diraih destinasi Mulut Seribu di kabupaten Rote Ndao

Kategori Makanan Tradisional

Juara 1,  daging se’i

Kategori Destinasi Belanja

Juara 1 diraih Sentra Tenun Ikat Ina Ndao di Kota Kupang

Kategori Wisata Air

Juara 2 disabet Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur

Kategori Dataran Tinggi

Juara 1 diraih Fulan Fehan di Kabupaten Belu.

Kategori Kampung Tradisional

Juara 1 diraih Kampung Adat Namata di Sabu Raijua

Kategori Destinasi Baru

Juara 1 diraih Pulau Semau di Kabupaten Kupang

Kaategori Situs Sejarah

Juara 1 diraih Liang Bua Ruteng, Kabupaten Manggarai.

 

Gubernut NTT Viktor Bungtilu Laiskodat foto bersama kepala daerah yang hadir. Foto: Kekson/VN

Gubernut NTT Viktor Bungtilu Laiskodat foto bersama kepala daerah yang hadir. Foto: Kekson/VN

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Wayan Dharmawa bersyukur atas prestasi NTT.

“Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan ini merupakan keberhasilan seluruh masyarakat NTT dalam mewujudkan NTT Bangkit NTT Sejahtera.

Seleksi API 2020 dilaksanakan secara ketat, independen dan profesional oleh Komite Seleksi API Indonesia Tahun 2020. Kajian, seleksi, penentuan dan penetapan nominasi melalui voting mulai 1 Agustus sampai dengan 31 Desember 2020 melalui You Tube API 2020, Website API 2020, Android App dan SMS 99386. (bev/ol)

Leave a Comment