Ular Putih Diyakini sebagai Raja Gua Istana Ular

Salah satu spesies ular yang ada di Gua Istana Ular, di Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Foto:Satria vn.

 

 

Gerasimos Satria

 

GUA istana ular merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Manggarai Barat. Masyarakat setempat percaya  bahwa ada seekor ular putih yang merupakan raja di dalam gua istana ular tersebut.

Gua istana ular merupakan gua batu alami yang terletak di Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. Luas gua tersebut diperkirahkan mencapai 500 meter. Gua ini merupakan surga bagi hewan melata yang selama ini dikenal berbisa dan mematikan.

Di Gua Istana Ular, akan dijumpai berbagai spesies ular, mulai dari jenis phyton berukuran besar hingga ular berwarna-warni yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan bahkan ribuan ekor.

Dari begitu banyak spesies ular yang ada di gua tersebut, masyarakat setempat percaya bahwa terdapat seekor ular putih berukuran sangat besar hidup dalam gua itu. Ular putih tersebut merupakan raja di gua istana ular.

Anggota kelompok Sadar Wisata Desa Galang, Saturnimus Semain, kepada media ini, akhir pekan lalu mengisahkan, tua-tua adat di Desa Galang mengisahkan adanya ular putih si Raja di Gua Istana Ular. Cerita tersebut diwariskan secara turun temurun.

“Tua-tua adat sini mengisahkan ada ular putih yang sangat besar hidup di dalam gua istana ular dan ular putih tersebut merupakan raja dari ular yang ada dalam Gua Istana Ular,” jelasnya.

Bagi wisatawan yang mengunjungi Gua Istana Ular dan ingin melihat langsung berbagai spesies ular di gua tersebut harus mengenakan celana pendek dan membawa senter. Pengunjung harus menggunakan jasa pawang ular yang berasal dari masyarakat Desa Galang. Mereka akan memandu wisatawan dan melakukan ritual sebelum masuk di dalam Gua Istana Ular. Wisatawan yang berminat ke gua istana ular, pastikan semua persiapan, termasuk fisik, mental dan peralatan lainnya.

“Beberapa waktu terakhir ini, Istana Ular menjadi objek wisata baru. Istana Ular selalu memberikan warna terbaru bagi wisatawan yang mencintai  wisata alam. Tidak hanya ular yang dijumpai ternyata burung kelelawar menjadi makhluk lain yang terbang mondar-mandir di dalam gua yang  gelap ini,” ujarnya.

Dikisahkan beberapa warga setempat, ular putih yang diyakini menjadi raja  Gua Istana Ular sangat sulit dijumpai. Hanya wisatawan yang beruntung yang dapat melihat sosok ular putih si Raja Istana Ular di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT itu. (yan/ol)

 

 

Leave a Comment