Rumah Penduduk Dibangun Tanpa Antisipasi Bencana

 

 

 

Putra Bali Mula

Dosen Teknik Sipil PNK, Kusa Bill Nope, dalam analisanya tentang pola kerusakan rumah rakyat karena Seroja menilai rumah modern di NTT justru dibangun tanpa antisipasi iklim dan bencana.

Rumah penduduk yang tanggap bencana, menurut dia, belum menjadi prioritas. Kajiannya soal siklon tropis dengan pengaruh beban angin yang luar biasa membutuhkan rumah yang mampu mengantisipasi itu. Rumah layak huni dan juga tanggap bencana sangat diperluas di NTT.

“Pada prinsipnya ini layak diuji karena rumah layak huni menjadi kebutuhan,” kata dia dalam Seminar Dampak Seroja Pada Bangunan dan Infrastruktur di NTT, Selasa, 18 Mei 2021 lalu.

Ia menyebut kebanyakan pengerjaan rumah di NTT diakomodir oleh sumber daya manusia yang tidak memiliki kriteria penilaian rumah tanggap bencana. Untuk itu konstruksi dan kerangka bangunan rumah perlu melibatkan ahli dalam perencanaan pembangunan.

“Karena bangunan dengan ketahanan terhadap iklim dan bencana menjadi penting sekarang,” lanjutnya.

Pihaknya juga mencocokkan data kerusakan dan kategori kerusakan. Memang struktur atap menjadi kerusakan yang seringkali terjadi. Ini dipengaruhi oleh jarak paku yang rata-rata 20 sampai 30 cm, ditambah sambungan gording yang tidak ideal.

“Pola distribusi dan respon beban angin perlu dipahami untuk membangun rumah,” sambungnya.

Dantje Sina selaku akademisi Universitas Nusa Cendana Kupang juga menyamakan ini dalam kajian soal standarisasi penilaian kerusakan rumah rakyat akibat Seroja.

Ada dua jenis bangunan, kata dia, bila menilik syarat dan perencanaan bangunan tanggap bencana. Pertama, bangunan yang tidak direncanakan dan dibangun tidak sesuai peraturan teknis bangunan atau non-engineered structures. Kedua, bangunan yang dibangun sesuai syarat teknis bangunan atau engineered structures.

“Bahasa simpel rumah semi permanen dan lain-lain,” kata dia.

Pada 28 desa di Sumba Timur yang menjadi kajian terdapat 40 persen rumah semi permanen dan gubuk. Sedangkan 60 persennya adalah engineer house atau rumah dengan kajian dan perencanaan yang baik. (bev/ol)

Leave a Comment