Sekda TTS Langgar Edaran PPKM

Surat edaran: Inilah surat edaran Bupati TTS terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tengah Pandemi.
Surat edaran: Inilah surat edaran Bupati TTS terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tengah Pandemi.

SEKRETARIS Daerah (Sekda) TTS Marthen Selan dinilai melanggar surat edaran tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Dalam surat bernomor PBPBD.01/303IV/2021 pada poin 3 berisi larangan menyelenggarakan pesta dan syukuran dalam bentuk apa pun yang dilaksanakan baik di rumah, restoran, ballroom, dan atau tempat lain yang sejenis.

Surat itu diberlakukan pada 5 Mei, tetapi empat hari berselang, tepatnya Minggu (9/5) Sekda TTS Marthen Selan menggelar syukuran pesta nikah di rumahnya di Oesena, Desa Mnelalete, Kecamatan Amanuban Barat, TTS.

Seperti ditelusuri VN, surat edaran yang diparaf Sekda Marthen Selan dan ditandatangani Bupati TTS Egusem Pieter Tahun tertanggal 5 Mei 2021 mencantumkan 12 poin. Surat itu ditujukan pimpinan perangkat daerah, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD dan perusahaan lain di TTS, organisasi keagamaan di TTS, Camat se-TTS, kepala desa atau lurah se-TTS, Puskesmas se-TTS dan masyarakat.
Sejumlah pihak meragukan konsistensi dari Sekda dan Bupati dalam melaksanakan surat edaran itu.

Sekda TTS Marthen Selan yang dikonfirmasi, Senin (10/5) mengatakan, acara tersebut dilakukan di dua tempat, yakni di gereja dan di rumah. Namun, undangan yang menghadiri acara tersebut hanya 50 orang, yang mana 25 orang diundang secara lisan dan 25 orang hadir dengan undangan tertulis.

Marthen Selan  Sekda TTS

Marthen Selan
Sekda TTS

Sekda Marthen juga mengakui acara syukuran tersebut juga dihadiri oleh Bupati TTS Egusem Pieter Tahun. Akan tetapi, undangan yang menghadiri acara syukuran nikah Riki Nomnafa dan Vemi Selan di Oesena Desa Mnelalete.

“Bupati hadir dan saat memberikan sambutan dengan jarak 2 meter, jadi tidak salah dan tidak melanggar surat edaran tersebut,” ucapnya.
Sekda mengaku, setiap undangan yang menghadiri acara syukuran nikah anak kandungnya tersebut secara berantrian yang dibatasi 10 orang, sehingga tidak langkahi poin 3 surat edaran tersebut. Waktu acara syukuran tersebut terhitung pukul 13:00 hingga pukul 17:00 Wita.

Egusem Pieter Tahun Bupati TTS

Egusem Pieter Tahun
Bupati TTS

Bupati TTS, Egusem Piether Tahun mengatakan, acara syukuran nikah yang digelar di rumah Sekda TTS, Marthen Selan pada Minggu (9/5) telah mengantongi izin dari gugus tugas Kabupaten TTS.

 

Bupati Epy yang juga Ketua Tim Gugus Covid-19 Kabupaten TTS ini mengatakan, dirinya memberikan izin acara tersebut dengan syarat undangan di bawah 50 orang dan tetap mentaati protokol kesehatan.

Selain memberikan izin untuk menggelar acara syukur tersebut, dirinya bersama sejumlah pejabat lingkup Pemda TTS ikut menghadiri acara syukuran tersebut. Bupati Tahun tiba di lokasi acara sekitar pukul 13.00 WITA dan pulang sekitar pukul 14.00 WITA.

Leave a Comment