Bank NTT Bantu Hidupkan Ekonomi Desa Rendu

Son Bara

Bank NTT Cabang Nagekeo berupaya membangkitkan perekonomian desa melalu pendampingan yang intens khususnya di Desa Rendu.

Kepala Kantor Bank NTT Cabang Nagekeo, Mathias Nara Tifaona kepada VN, Senin (14/6) mengatakan program pendampingan bertujuan menghidupkan ekosistem perdagangan di desa. Salah satunya dengan menjaga agar usaha dan keberlangsungan dari bumdes bisa dipertahankan. Program pendampingan dari Bank NTT yang sedang dijalankan saat ini juga sebagai bukti keberpihakan dan kepedulian Bank NTT menumbuhkan sektor ekonomi dan sektor wisata di masyarakat.

“Bank NTT akan terus memberikan pendampingan kepada bumdes sehingga pengelolahan keuangan bisa transparan dan tepat sasaran. Bank NTT juga akan memberikan bantuan modal usaha berupa kredit merdeka tanpa anggunan dan bunga. Tetapi pemberian kredit ini akan dilakukan dengan analisa yang baik. Tujuannya, membantu menggerakan potensi usaha masyarakat sekaligus memutus mata rantai tenggkulak dan praktek ijon serta lintah darat yang selama ini menarik keuntungan dari penderitaan masyarakat. Ini tujuan kita memberikan bantuan dan pendampingan agar ada peningkatan ekonomi dan kesejahterahan bagi masyarakat Desa Rendu Tutubhad,” tegasnya.

Menurutnya, respos masyarakat desa terkait pendampingan ini sangat positif.  Pihaknya berupaya menerapkan komunikasi yang baik dengan masyarakat di desa agar masyarakat memahami tujuan dan manfaar program bagi mereka. bank NTT juga melakukan sinkronisasi program, membaca pasar, dan mendukung dengan program digitalisasi.

“Sebagai lembaga perbankan, Bank NTT saat ini membuka akses dan terus memberikan ruang kepada masyarakat dalam membangun kemitraan. Program pendampingan sebagai salah satu bentuk membangun kemitraan dengan masyarakat, kelompok usaha dan berbagai elemen lainnya. Kita berharap ada peningkatan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat desa Rendu Tutubhada dengan program pendampingan ini. Berbagai program pemberdayaan, digitalisasi, pembangunan fasilitas, bantuan modal usaha serta pendampingan teknis, bisa membawa perubahan yang berarti bagi masyarakat. Kucinya cuma satu mau berusaha dan saling percaya sebagai modal dasar membangun menuju kemandirian. Bank NTT akan terus memberikan pendampingan sehingga keberlangsungan usaha bisa dirasakan seluruh masyarakat Desa Rendu Tutubhada,” tambahnya. (bev/ol)

Leave a Comment