Covid-19 di TTU Meningkat, Empat Orang Meninggal Dalam Dua Pekan

Gusty Amsikan

Satu lagi pasien positif covid-19 di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Leona Kefamenanu, Senin (12/7) pagi, sekitar pukul 06.12 Wita. Pasien yang diketahui berinisial S itu merupakan warga Eban, Kecamatan Miomafo Barat, Kabupaten TTU.

Dengan demikian, total pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Kabupaten TTU dalam dua pekan ini, sebanyak empat orang. Almarhumah langsung dimakamkan secara protokol kesehatan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus covid-19 Bijaelsunan.

Hal tersebut sampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten TTU, Krostoforus Ukat, kepada media ini, Senin (12/7) di Kefamenanu.

Kristoforus mengatakan almarhum S diketahui masuk ke RS Leona Kefamenanu pada Sabtu, (10/7) lalu dengan riwayat penyakit sesak napas, batuk, comorbid DM tipe II AKI. Kemudian dilakukan rapid test antigen dan dinyatakan reaktif. Selain itu, hasil rontgen menunjukkan almarhum pneumonia bilateral.

Setelah menjalani perawatan intensif selama dua hari, almarhum akhirnya meninggal dunia. Penyebab kematian almarhum berdasarkan keterangan dari pihak rumah sakit adalah Covid-19 gejala berat, DM tipe II, AKI dan pneumonia bilateral. Jenazah dimakamkan sesuai protokol kesehatan pada hari ini juga di TPU khusus covid-19 Bijaelsunan.

Sebelumnya, satu pasien positif covid-19, EF, yang sedang dirawat di RS Leona Kefamenanu, meninggal dunia pada Kamis (8/7) malam sekitar pukul 22.00 Wita. Almarhumah merupakan warga Kampung Kabun, RT 007, RW 003, Desa Tunbaen, Kecamatan Biboki Selatan, yang telah menjalani perawatan sejak Minggu (4/7) lalu hingga menghembuskan nafas terakhirnya akibat gagal nafas ec covid-19+MOF.

Almarhumah EF diketahui memiliki riwayat penyakit Covid-19 dengan gejala berat. Selain itu, EF juga memiliki riwayat penyakit lain seperti anemia berat, dispepsia syndrom, dan trombositopenia. Setelah menjalani perawatan intensif selama empat hari, EF meninggal dunia.

Selanjutnya, Jumat (9/7), sekitar pukul 17.30 Wita, pasien Covid-19 berinisial KU (74), warga Kampung Oeana, Desa Faenake, Kecamatan Bikomi Utara meninggal. Pada Kamis (24/6/2021), pasien reaktif Covid-19, Yohanes Antoin Romeo, dari Desa Maurisu, Kecamatan Bikomi Selatan, yang dirujuk dari Puskesmas Tublopo ke RS Leona Kefamenanu juga meninggal dunia.(bev/ol)

Leave a Comment